Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Gerak dan Lagu
GERAK
Gerak merupakan sarana ekspresi dan mengalihkan ketakutan, kesedihan, kemarahan, kenikmatan dan sebagainya. Gerak menjadi hal yang sangat efektif bila dipadukan dengan musik yang diinterpretasikan anak menurut caranya masing-masing. Akan tetapi, sebelum anak mampu melakukan gerak yang ekspresif ini, terlebih dahulu anak harus menguasai variasi-variasi dari gerakan tubuhnya.
Aktivitas gerak memainkan peranan penting bagi perkembangan psikomotorik, kemampuan kognitif dan kemampuan afeksi. Pengalaman dalam gerak memberikan anak kesempatan dalam mengeksplorasi dan memecahkan masalah, suatu hal yang sangat bernilai bagi anak juga memberikan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan intelektualnya, di mana anak harus mendengar, mengerti, dan memahami arti dari instruksi yang diberikan. Pengalaman dalam gerak juga mengembangkan daya imajinasinya, karena anak harus menggunakan pancaindranya, dengan matanya, penciumanannya, alat perabanya, pendengarannya, perasaannya untuk membentuk suatu gerakan tubuh.
MANFAAT GERAK
Manfaat gerak diantaranya mengajari anak untuk bersabar, menunggu teman lain melakukan latihan, tidak menganggu dan menertawakan atau rebut, mengajari anak bertanggung jawab dalam kelompok, bekerja sama dengan teman, merangsang kesensitifan anak, dan mengembangkan perasaan disiplin. Berpartisipasi dalam latihan-latihan yang menggunakan gerak dapat memberikan anak kesempatan untuk menyalurkan energi yang tidak dapat dilakukan dengan cara lain. Gerak yang erat hubungannya dengan musik merupakan isyarat yang ekspresif dan membebaskan diri dari ketegangan melalui gerakan-gerakan ritmis. Sehingga dalam penanganan anak yang berperilaku agresif, media gerak ritmis dapat menyalurkan emosi-emosi negatif dengan cara yang dapat diterima oleh lingkungannya.
LAGU/MUSIK
Musik dapat diibaratkan sebagai bahasa dari emosi. Musik dapat memberikan kesenangan baik bagi yang mendengarkan maupun bagi yang memainkannya. Banyak orang memperoleh kesenangan yang sangat baik dalam kontak langsung maupun dengan musik seperti bernyanyi, bertepuk tangan, tertawa, berayun-ayun, melompat, berputar, berjoget atau tingkah laku lainnya. Dengan bermain musik menimbulkan semangat, menghilangkan ketegangan dan memberikan suasana nyaman. Musik juga mempunyai efek untuk penyaluran perasaan.
MANFAAT LAGU/MUSIK
Musik mendorong anak untuk memperoleh kesempatan mengekspresikan dirinya. Musik juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melepaskan emosi yang tertahan maupun mengeluarkan emosi yang tidak dapat diterima oleh lingkungan. Musik merupakan media ekspresi diri dan rekreasi yang dibutuhkan anak. Sehingga anak yang mendengarkan musik dapat merespon terhadap ritme dengan berbagai cara bertepuk tangan, melompat, berputar, dan sebagainya. Agar latihan ritmis memperoleh hasil yang maksimal, maka musik pengiring dalam latihan harus memiliki tempo yang memungkinkan anak untuk mennyesuaikan gerakannya.
Gerak merupakan sarana ekspresi dan mengalihkan ketakutan, kesedihan, kemarahan, kenikmatan dan sebagainya. Gerak menjadi hal yang sangat efektif bila dipadukan dengan musik yang diinterpretasikan anak menurut caranya masing-masing. Akan tetapi, sebelum anak mampu melakukan gerak yang ekspresif ini, terlebih dahulu anak harus menguasai variasi-variasi dari gerakan tubuhnya.
Aktivitas gerak memainkan peranan penting bagi perkembangan psikomotorik, kemampuan kognitif dan kemampuan afeksi. Pengalaman dalam gerak memberikan anak kesempatan dalam mengeksplorasi dan memecahkan masalah, suatu hal yang sangat bernilai bagi anak juga memberikan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan intelektualnya, di mana anak harus mendengar, mengerti, dan memahami arti dari instruksi yang diberikan. Pengalaman dalam gerak juga mengembangkan daya imajinasinya, karena anak harus menggunakan pancaindranya, dengan matanya, penciumanannya, alat perabanya, pendengarannya, perasaannya untuk membentuk suatu gerakan tubuh.
MANFAAT GERAK
Manfaat gerak diantaranya mengajari anak untuk bersabar, menunggu teman lain melakukan latihan, tidak menganggu dan menertawakan atau rebut, mengajari anak bertanggung jawab dalam kelompok, bekerja sama dengan teman, merangsang kesensitifan anak, dan mengembangkan perasaan disiplin. Berpartisipasi dalam latihan-latihan yang menggunakan gerak dapat memberikan anak kesempatan untuk menyalurkan energi yang tidak dapat dilakukan dengan cara lain. Gerak yang erat hubungannya dengan musik merupakan isyarat yang ekspresif dan membebaskan diri dari ketegangan melalui gerakan-gerakan ritmis. Sehingga dalam penanganan anak yang berperilaku agresif, media gerak ritmis dapat menyalurkan emosi-emosi negatif dengan cara yang dapat diterima oleh lingkungannya.
LAGU/MUSIK
Musik dapat diibaratkan sebagai bahasa dari emosi. Musik dapat memberikan kesenangan baik bagi yang mendengarkan maupun bagi yang memainkannya. Banyak orang memperoleh kesenangan yang sangat baik dalam kontak langsung maupun dengan musik seperti bernyanyi, bertepuk tangan, tertawa, berayun-ayun, melompat, berputar, berjoget atau tingkah laku lainnya. Dengan bermain musik menimbulkan semangat, menghilangkan ketegangan dan memberikan suasana nyaman. Musik juga mempunyai efek untuk penyaluran perasaan.
MANFAAT LAGU/MUSIK
Musik mendorong anak untuk memperoleh kesempatan mengekspresikan dirinya. Musik juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melepaskan emosi yang tertahan maupun mengeluarkan emosi yang tidak dapat diterima oleh lingkungan. Musik merupakan media ekspresi diri dan rekreasi yang dibutuhkan anak. Sehingga anak yang mendengarkan musik dapat merespon terhadap ritme dengan berbagai cara bertepuk tangan, melompat, berputar, dan sebagainya. Agar latihan ritmis memperoleh hasil yang maksimal, maka musik pengiring dalam latihan harus memiliki tempo yang memungkinkan anak untuk mennyesuaikan gerakannya.
Belum ada Komentar untuk "Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Gerak dan Lagu"
Posting Komentar
Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih