Pengertian dan Jenis Anak Berkebutuhan Khusus

psikologis.com
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan penanganan khusus sehubungan dengan gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak. Anak dikatakan berkebutuhan khusus jika ada suatu yang kurang atau lebih pada diri anak.

Menurut Heward, anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan keadaan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidak mampuan mental emosi atau fisik.

JENIS-JENIS ANAK  BERKEBUTUHAN KHUSUS

Anak dengan gangguan penglihatan (Tuna Netra)

Tuna netra adalah gangguan daya penglihatan, berupa kebutaan menyeluruh atau sebagian.

Anak dengan gangguan pendengaran ( Tuna Rungu )

Keadaan kehilangan pendengaran meliputi seluruh gradasi tingkatan baik ringan, sedang, berat dan sangat berat yang akan mengakibatkan pada gangguan komunikasi dan bahasa. Ketunarunguan ini dapat digolongkan dalam kurang dengar atau tuli.

Anak retardasi mental ( Tuna Grahita )

Anak secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental jauh di bawah rata-rata sedemikian rupa sehingga mengalami kesulitan dalam tugas akademis, komunikasi, atau sosial.

Anak dengan kelainan fisik ( Tuna Daksa)

Merupakan gangguan fisik yang berkaitan dengan tulang, otot, sendi dan sistem persarafan, sehingga memerlukan pelayanan khusus. Salah satu contoh adalah Cerebral Palsy.

Anak unggul dan berbakat istimewa 

Adalah anak  yang memiliki kemampuan yang melebihi dari kemampuan orang lain pada umumnya dan mampu untuk menunjukkan hasil kerja yang sangat tinggi.

Anak dengan hambatan berbicara dan bahasa

Menurut IDEA (Individuals with Disabilities Education Act ) tahun 1997, gangguan ini mengacu pada gangguan komunikasi seperti gagap, gangguan, artikulasi, gangguan bahasa, atau gangguan suara yang berdampak pada hasil pembelajaran seorang anak.

Anak berkesulitan belajar

Anak  berkesulitan belajar spesifik adalah anak yang mengalami kesulitan belajar karena  ada gangguan persepsi.  Ada tiga bentuk kesulitan belajar anak, yakni kesulitan di bidang matematika atau berhitung (diskalkulia),kesulitan membaca (disleksia), kesulitan berbahasa (disphasia), dan kesulitan menulis (disgraphia).

Anak dengan Gangguan Spektrum Autis

Akhir-akhir ini jumlah anak yang mengalami gangguan spektrum autis mengalami peningkatan. Anak dengan gangguan spektrum autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan yang dimanifestasikan dalam hambatan komunikasi verbal dan non verbal, masalah pada interaksi sosial.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Anak Berkebutuhan Khusus"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel