Guru Sebagai Ujung Tombak dalam Proses Pembelajaran
Kita
tahu bahwa salah satu komponen yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya
penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pendidikan
yang langsung berada di garis depan berhadapan dengan siswa dituntut memiliki
kompetensi yang memadai. Melalui guru penanaman nilai-nilai dan pembelajaran
berbagai ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan
kekinian dan masa depan dapat berlangsung.
Guru
menjadi ujung tombak dalam pencapaian kompetensi siswa itu memang benar.
Beberapa
hal yang membuktikan bahwa guru merupakan ujung tombak dalam pencapaian
kompetensi siswa yaitu :
Guru
Mempunyai Kode Etik (Kewajiban Guru)
Kode
etik ini pada dasarnya adalah pengendalian kinerja guru. Kode etik guru apabila
tidak diatur maka kinerja guru dapat menyimpang dari objektivitasnya dan yang
menjadi koraban adalah generasi penerus bangsa. Kewajiban guru adalah melayani
pendidikan khususnya di sekolah, melalui kegiatan mengajar, mendidik dan
melatih untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan generasi bangsa kita
agar mampu hidup di dunia yang sedang menunggui mereka.
Guru
Merupakan Fasilitator Bagi Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar
Guru
berperan memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses
pembelajaran. Oleh karena itu, agar guru dapat menjalankan perannya sebagai
fasilitator seyogyanya guru dapat memenuhi prinsip-prinsip belajar yang
dikembangkan dalam pendidikan kemitraan.
Guru
Sebagai Agen Pembelajaran
Guru sebagai agen
pembelajaran berperan memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara nyaman dan
berhasil menguasai kompetensi yang sudah ditentukan. Untuk itu guru yang agen
pembelajaran ini perlu merancang, agar proses pembelajaran berjalan lancar, dan
mencapai hasil optimal.
Guru
Merupakan Orangtua Kedua Dalam Lingkungan Sekolah
Seorang guru yang
dicintai oleh anak didiknya adalah yang bisa berperan sebagai orangtua kedua
bagi mereka ketika berada di sekolah. Anak didik adalah pribadi yang
sesungguhnya masih membutuhkan kasih sayang dan teladan yang baik dalam masa
perkembangan jiwanya. Selain di rumah, lingkungan kedua bagi anak didik adalah
berada di sekolah, di sinilah anak didik juga membutuhkan orang yang bisa
memberikan kasih sayang dan teladan yang baik. Oleh karena
itu guru sangat berperan penting dalam proses pencapaian kompetensi siswa.
Belum ada Komentar untuk "Guru Sebagai Ujung Tombak dalam Proses Pembelajaran"
Posting Komentar
Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih