Mengkaji Kurikulum PAUD KTSP 2013 terhadap Prinsip dan Landasan Kurikulum

psikologis.com

Tidak sedikit pendidik PAUD bingung dengan kurikulum yang sering berubah-ubah, namun pada dasarnya setiap kurikulum memiliki tujuan yang sama. Berikut adalah kajian tentang kurikulum PAUD KTSP 2013. Kurikulum PAUD KTSP 2013 telah sesuai dengan prinsip dan landasan pengembangan kurikulum. Dalam Kurikulum PAUD KTSP PAUD 2013 disebutkan bahwa kurikulum yang telah disusun memperhatikan kemampuan lembaga, dari segi SDM maupun SDA. Pada pengembangan kurikulum  terdapat prinsip relevansi yaitu menjelaskan tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi gunanya untuk memajukan tingkat perkembangan SDA dan SDM yang ada.

Lalu terdapat filosofi yang menjelaskan bahwa Kurikulum PAUD KTSP 2013 haruslah memperhatikan pada budaya bangsa,perkembangan anak, keadaan wilayah, kemajuan jaman, dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan. Sesuai dengan prinsip fleksibilitas yang menjelaskan bahwa dengan adanya prinsip ini anak mampu dipersiapkan untuk secara fleksibel menghadapi kemajuan jaman yang sangat pesat.

Prinsip pembelajaran perlu disusun agar pelaksanaan kurikulum yang telah dikembangkan tetap pada jalurnya. Prinsip dapat disusun dengan mengadopsi dari perkembangan anak, budaya dan adat istiadat daerah, ataupun tuntutan perkembangan jaman. Sesuai dengan landasan sosio budaya dalam landasan pengembangan kurikulum yang menjelaskan bahwa kurikulum harus dapat menyesuaikan terhadap perubahan perkembangan masyarakat berdasarkan nilai sosial dan budaya, agama, susila dan kebangsaan.

Dalam pembelajarannya juga menggunakan kegiatan kulikuler yang meliputi Muatan lokal merupakan isi kurikulum yang akan menjadi ciri khas sebuah sekolah sesuai dengan kegiatan khas dari masyakarat sekitar. Kegiatan pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian anak melalui kegiatan penyaluran minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas. Lalu prinsip yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan prinsip kontimitas yaitu saling berkesinambungan.

Pada dasarnya Kurikulum PAUD 2013 untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.

Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Mengkaji Kurikulum PAUD KTSP 2013 terhadap Prinsip dan Landasan Kurikulum"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel