Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus yang Terjadi Sewaktu Pre-natal

psikologis.com
Penyebab anak berkebutuhan khusus terjadi dalam beberapa periode kehidupan anak salah satunya masa sebelum kelahiran (Pre-natal ). Penyebab yang terjadi sebelum proses kelahiran, dalam hal ini berarti ketika anak dalam kandungan, terkadang tidak disadari oleh ibu hamil.

Faktor-faktor tersebut antara lain:
1. Gangguan Genetika : Kelainan Kromosom, Transformasi
Kelainan kromosom kerap diungkap dokter sebagai penyebab keguguran, bayi meninggal sesaat setelah dilahirkan, maupun bayi yang 7 dilahirkan sindrom down. Kelainan kromosom ini  umumnya terjadi pada saat pembuahan, yaitu saat sperma ayah bertemu sel telur ibu.

2. Infeksi Kehamilan
Infeksi saat hamil dapat mengakibatkan cacat pada janin. Penyebabnya adalah parasit golongan protozoa yang terdapat pada binatang seperti kucing, anjing, burung, dan tikus.

3. Usia Ibu Hamil (high risk group)
psikologis.comAda beberapa hal yang menyebabkan ibu beresiko hamil, antara lain :  riwayat kehamilan dan persalinan yang sebelumnya kurang baik (misalnya, riwayat keguguran, perdarahan pasca kelahiran, lahir mati); usia ibu hamil kurang dari 20  tahun atau lebih dari 35 tahun; sudah memiliki 4 anak atau lebih; riwayat penyakit kronik seperti diabetes, darah tinggi,asma dll.

4. Keracunan Saat Hamil
Keracunan kehamilan sering disebut Preeclampsia (pre-e-klam-sia)  atau  toxemia adalah suatu gangguan yang muncul pada masa kehamilan, umumnya terjadi pada usia kehamilan di atas 20 minggu. 8 Gejala-gejala yang umum adalah tingginya tekanan darah, pembengkakan yang tak kunjung sembuh dan tingginya jumlah protein di urin.

5. Pengguguran
Gugur kandungan atau  aborsi (bahasa Latin:  abortus) adalah berhentinya  kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu yang mengakibatkan kematian  janin. Secara medis, pengguguran kandungan adalah  berakhirnya kehamilan sebelum fetus dapat hidup sendiri diluar kandungan.

6. Lahir Prematur
Bayi prematur adalah bayi yang lahir kurang bulan menurut masa gestasinya (usia kehamilannya). Adapun masa gestasi  normal adalah 38-40 minggu. Dengan demikian bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum masa gestasi si ibu mencapai 38 minggu.

Dari penjelasan di atas maka bagi Anda yang akan melakukan program kehamilan atau yang sudah hamil sebaiknya berhati-hatilah dalam menjaga janin yang ada dalam kandungan. Agar bayi yang dilahirkan kelak sesuai dengan dambaan para orang tua yaitu lahir dengan sempurna dan cerdas.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus yang Terjadi Sewaktu Pre-natal"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel