Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus pada Proses dan Pasca Kelahiran

Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Proses dan Pasca Kelahiran

Faktor penyebab anak berkebutuhan khusus bukan hanya disebabkan pada masa sebelum kelahiran (pre-natal), tetapi pada saat kelahiran (natal) dan pasca kelahiran (post-natal). Berikut beberapa faktor yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus pada saat proses kelahiran dan setelah lahir.


SELAMA PROSES KELAHIRAN

Setiap ibu berharap mengalami proses melahirkan yang normal dan lancar. Berikut akan dibahas beberapa proses kelahiran yang dapat menyebabkan anak berkebutuhan khusus, antara lain

1. Proses kelahiran lama (Anoxia), prematur, kekurangan oksigen

Tanda-tanda bayi lahir prematur sama seperti bayi lahir normal, hanya saja proses  pelahirannya lebih awal dari seharusnya. Proses melahirkan yang lama dapat mengakibatkan bayi kekurangan oksigen.

2. Kelahiran dengan alat bantu : Vacum

Vacum adalah suatu persalinan buatan dengan cara menghisap bayi agar  keluar lebih cepat. Vacum ini dikhawatirkan membuat kepala bayi terjepit sehingga akan terjadi kecelakaan otak gangguan pada otak.

3. Kehamilan terlalu lama: > 40 minggu

Kehamilan yang terlalu lama dikhawatirkan membuat keadaan bayi di dalam rahim mengalami kelainan dan keracunan air ketuban. Karenanya jika usia kandungan sudah melewati masa melahirkan dianjurkan pada ibu hamil untuk segera melahirkan dengan cara yang memungkinkan sesuai kondisi ibu dan bayi.

psikologis.com

SETELAH KELAHIRAN

Setelah proses kelahiran pun tidak otomatis bayi aman dari kelainan yang mengakibatkan nanti anak menjadi berkebutuhan khusus. Berikut beberapa hal yang menyebabkan anak berkebutuhan khusus tersebut antara lain :

1. Penyakit infeksi bakteri (TBC)

Penyakit TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mikobakterium tuberkulosa yang menyerang paru-paru. Setelah proses kelahiran, bayi dikhawatirkan teserang bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit tertentu dan menyebabkan kelainan pada anak secara fisik maupun mental.

2. Kekurangan zat makanan (gizi, nutrisi)

Gizi merupakan unsur yang sangat penting di dalam tubuh. Kelainan yang akan dialami anak jika gizi anak tidak terpenuhi mencakup kelainan fisik, mental, bahkan prilaku.

3. Kecelakaan

Pada bayi, umumnya kecelakaan terjadi karena jatuh, tergores benda tajam, tersedak, tercekik atau tanpa sengaja menelan obat-obatan dan bahan kimia  yang diletakkan di sembarang tempat. Kecelakaan seperti ini disebabkan kelalaian orang dewasa di sekitarnya.

4. Keracunan

Bahaya keracunan yang sering terjadi pada anak adalah menelan obat berlebihan (overdosis) karena orang tua menaruh obat sembarangan. Potensi keracunan lainnya menelan cairan kosmetik ibunya, cairan pembersih untuk rumah dan cairan pembasmi serangga, dan bahan beracun lainnya.

Jika Anda sebagai orang tua pastinya menginginkan anak tumbuh kembang sesuai dengan perkembangan usia anak. Maka bila menginginkan anak-anak kita berkembang secara normal jadilah orang tua yang pemerhati perkembangan anak, memberikan stimulasi yang baik, memberikan gizi yang cukup, dsb. Agar kelak anak tumbuh dewasa dengan sempurna dan cerdas dalam segala hal.

Belum ada Komentar untuk "Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus pada Proses dan Pasca Kelahiran"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel