Aspek Perkembangan Sosial Manusia

psikologis.com

Manusia merupakan makhluk sosial. Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain untuk berlangsungnya kehidupan mereka masing-masing. Perkembangan sosial dapat dilihat dari dua aspek diantaranya adalah:

Aspek biologi 

yaitu perkembangan secara jasmani. Perubahan individu mulai dari bayi, anak-anak, remaja dan akhirnya menjadi orang dewasa. Inilah yang disebut perkembangan jasmaniah.

Aspek personal sosial 

yaitu perkembangan pribadi individu. Perkembangan sosial memiliki dua aspek yaitu proses belajar sosial atau proses sosialisasi dan proses pembentukan kesetiaan sosial.

Selain aspek ada dua dasar proses belajar sosial manusia atau yang biasa disebut proses sosialisasi yaitu :

  1. Sifat tergantung manusia terhadap manusia lain, dimana telah diketahui bahwa tidak ada individu yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya pada masa bayi manusia tergantung dari pertolongan orang tunya, begitu pula setelah ia dewasa manusia memiliki rasa saling ketergantungan dengan manusia lain.
  2. Sifat adaptabilita dan intelegensi, dimana manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri yang tentunya dilengkapi dengan intelegensi. Oleh karena itu ia mampu mempelajari bermacam-macam tingkah laku sosial.


METODE PROSES SOSIAL

psikologis.com

Proses belajar sosial ini berlangsung sepanjang umur (life long process), bermula sejak manusia lahir hingga mati. Proses sosialisasi ini berlangsung dalam kelompok ataupun lembaga di masyarakat. Dalam mempengaruhi sosialisasi anak ada beberapa metode yang dipakai orang dewasa, yaitu :

Metode ganjaran dan hukuman

Tingkah laku yang salah pada anak diberi hukuman dan yang benar diberi ganjaran atau hadiah. Dengan adanya hukuman anak akan menyadari kesalahannya dan berusaha untuk memperbaikinya. Sedangkan dengan adanya ganjaran atau hadiah bahwa perilakunya benar dan perlu dipertahankan.

Metode pemberian contoh

Orang dewasa mengajarkan berbagai contoh kepada anak. Anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa sehingga terjadi proses imitasi yang juga erat kaitanya dengan proses identifikasi terhadap tingkah laku orang dewasa tersebut.

Metode pendidikan pengajaran

Orang dewasa mengajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan kepada anak baik melalui pemberian informasi, ceramah ataupun penjelasan.

Belum ada Komentar untuk "Aspek Perkembangan Sosial Manusia"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel