Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi

psikologis.com

Setiap individu itu unik, tidak ada manusia yang terlahir sama meskipun dilahirkan oleh orang tua yang sama bahkan kembar sekalipun. Hidup didalam bermasyarakatpun juga tidak sama, mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam proses sosialisasi individu berkembang menjadi suatu pribadi atau makhluk sosial.

Menurut Robbins dan Vembriarto (1978), perkembangan kepribadian manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
SIFAT DASAR MANUSIA
Sifat dasar adalah sifat-sifat yang diwarisi individu dari kedua orang tuanya. Sifat dasar ini banyak dipengaruhnya dalam perkembangan kepribadian individu.
MASA PRANATAL
Lingkungan pranatal adalah lingkungan sebelum kelahiran atau sewaktu individu berada dalam kandungan. Pada masa ini perkembangan individu dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah beberapa jenis penyakit, gangguan endokrin yang dapat menyebabkan keterbelakangan psikologis perkembangan anak, struktur pada tubuh ibu, dan rasa kaget ketika kelahiran.

Perbedaan individu, meskipun individu berkembang dalam lingkungan masyarakat yang sama namun tidak seorangpun individu tersebut yang sama kepribadiannya. Hal ini disebabkan akibat keunikan yang dimiliki masing-masing individu. Perbedaan ini mencakup segi fisik, fisiologis, ciri mental dan emosional.

FAKTOR PENDORONG PROSES SOSIALISASI
• Lingkungan, adalah kondisi di sekitar individu yang mempengaruhi sosialisasinya, yang dapat dibedakan lingkungan alam, budaya, manusia lainnya, dan masyarakat.
• Motivasi, adalah kekuatan-kekuatan atau dorongan yang menyebabkan individu berbuat. Motivasi dibedakan atas dua dari dalam diri individu yang disebut motif serta dari luar diri diri individu baik dari orang lain maupun kelompok ataupun masyarakat. Tingkah laku individu dipengaruhi oleh motivasi dimana individu itu berbuat, apa tujuan serta harapannya, semua itu akan tercermin dalam tingkah lakunya.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel