Pendidikan Sepanjang Hayat (Life Long Learning)

psikologis.com

Hakikatnya belajar itu tidak hanya dilihat pada kelembagaan, akan tetapi belajar itu dilakukan selama kita hidup. Di dalam hadist menyebutkan “carilah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat”.

Ada istilah menyebutkan Life Long Learning (pembelajaran sepanjang hayat) adalah belajar yang tidak didasarkan pada usia tua atau muda, tempat di sekolah maupun di luar sekolah, dalam keadaan sedih maupun senang, sehingga belajar tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Pembelajaran sepanjang hayat bukan berarti kita harus terus sekolah sepanjang hidup kita. Sekolah banyak diartikan oleh masyarakat sebagai tugas belajar yang terperangkap dalam sebuah “ruang” yang bernama kelas, bukan itu yang dimaksud. Paradigma belajar seperti ini harus segera kita rubah. Pengertian belajar bukan hanya berada dalam ruangan tapi belajar disemua tempat, semua situasi dan semua hal.

Belajar merupakan tugas semua manusia, tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin semua mempunyai tugas tersebut. Kita belajar mengetahui apapun yang ada di dunia ini untuk kemajuan individu atau universal. Belajar memberi, belajar menerima, belajar bersabar, belajar menghargai, belajar menghormati dan belajar semua hal.

psikologis.com

ARAH LIFE LONG EDUCATION

Pada umumnya pendidikan sepanjang hayat diarahkan pada orang-orang dewasa dan pada anak-anak dalam rangka penambahan pengetahuan dan keterampilan mereka yang sangat dibutuhkan di dalam pendidikan.


Pendidikan Sepanjang Hayat kepada Orang Dewasa


Sebagai generasi penerus, kaum muda atau dewasa membutuhkan pendidikan sepanjang hayat ini dalam rangka pemenuhan “self interest” yang merupakan tuntutan hidup mereka sepanjang masa.

Diantara self interest tersebut, kebutuhan akan baca tulis bagi mereka umumnya dan latihan keterampilan bagi para pekerja, sangat membantu mereka untuk menghadapi situasi dan persoalan-persoalan penting yang merupakan kuncu keberhasilan.

Pendidikan Sepanjang Hayat bagi Anak

Pendidikan sepanjang hayat bagi anak, merupakan sisi lain yang perlu memperoleh perhatian dan pemenuhan oleh karena anak akan menjadi “tempat awal” bagi orang dewasa nantinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Program kegiatan disusun mulai dari peningkatan kecakapan baca tulis, keterampilan dasar dan mempertinggi daya pikir anak, sehingga memungkinkan anak terbiasa untuk belajar, berpikir kritis dan mempunyai pandangan kehidupan yang dicita-citakan pada masa yang akan datang.

Keterkaitan PAUD dengan Life Long Learning

Kaitan PAUD dengan Life Long Learning yaitu pada anak usia dini saja mulai belajar dengan kehidupan atau lingkungan sekitar anak, sehingga belajar tidak harus dilakukan di sekolah, namun di rumah atau lingkungan pun juga bisa.

Belajar tida harus di formal tapi juga dengan bermain juga dapat dibuat untuk belajar. Sehingga belajar tidak di batasi dengan usia, anak usia dini pun bisa belajar dengan bermain.

Oleh karena itu kita harus belajar sejak usia dini sampai kita menutup mata karena belajar itu tidak terbatas.

Belum ada Komentar untuk "Pendidikan Sepanjang Hayat (Life Long Learning)"

Posting Komentar

Jika ada yang kurang dipahami atau ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel